Selamat Datang di Ruma Manis

Lebih Dekat dengan Citra Bayunda, Artisan Vegan Baking Surabaya

Lebih Dekat dengan Citra Bayunda, Artisan Vegan Baking Surabaya

Lebih Dekat dengan Citra Bayunda

Citra Bayunda tidak pernah menyangka kalau kebiasaannya memasak untuk anak-anak bisa berujung bisnis.

”Pada 2008 itu saya berhenti kerja, dan anak-anak sudah terbiasa makan di luar. Akhirnya mau nggak mau saya harus buat makanan yang biasa kita jajan, ada di rumah,” kata Citra pada Ruma Manis.

Citra pun mau tidak mau jadi sering mengutak-atik resep masakan. Dia bisa membuat pizza, memasak aneka pasta, mengolah sendiri frozen food yang sehat, sampai belajar membikin kue untuk anak-anak.

”Kebetulan juga anak saya punya riwayat alergi, jadi saya mulai belajar bikin kue tanpa bahan-bahan pencetus alergi seperti gluten, telur, dan produk berbahan susu sapi lainnya,” kata Citra.

 

Lebih Dekat dengan Citra Bayunda 2

 

Dari satu percobaan resep ke resep lainnya, tak disangka Citra bertemu dengan Annisa Pratiwi, pemilik Ladang Lima yang menyediakan tepung berbahan singkong.

”Nisalah yang pertama kali mengajak saya untuk sama-sama berkontribusi membuat makanan yang sehat, enak, tidak memicu alergi, dan yang paling penting memberdayakan petani-petani lokal kita,” kata Citra.

Tepung singkong menurut Citra punya keunggulan. Selain tidak membuat perut begah karena tidak mengandung bahan menyerupai “lem” bernama gluten, tepung singkong juga rendah indeks glikemiknya. Sehingga ramah untuk pasien diabetes.

Tidak hanya itu, bagi anak-anak yang punya riwayat autis juga memerlukan tepung berbahan gluten-free ini. ”Saat saya mulai banyak kenal resep jajanan Indonesia, ternyata tepung-tepung asli Indonesia itu bebas gluten. Tepung jagung, tepung ketan, dan sagu itu contoh bebas gluten. Karena gluten hanya ada di tepung terigu dan tepung gandum,” kata Citra.

Melalui 3 Tungku miliknya, Citra sedang rajin mempopulerkan jajanan khas Indonesia dengan modifikasi di rasa dan tampilan seperti kelepon kuning, talam ubi ungu, sate singkong, dan lasagna terong. ”Pewarna makanannya alami karena pakai kunyit dan labu kuning. Kalau merah pakai bit, dan kalau ungu pakai ubi ungu. Jadi semua natural,” kata Citra.

Share this
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Start typing to see products you are looking for.
Home
Shop