Selamat Datang di Ruma Manis

Inspirasi Sehat dari Molly

Inspirasi Sehat dari Molly

4. Inspirasi Sehat dari Molly 1

Patah hati karena gagal diet, bukan satu dua orang saja yang pernah mengalami. Maulina atau yang akrab disapa Molly, founder Kalyana, pun pernah merasa hopeless karena efek diet yang dia lakukan justru memicu ‘balas dendam’. Keinginan untuk mengonsumsi makan-makanan manis justru menjadi-jadi setelah dia berhasil turun beberapa puluh kilogram. Akibatnya, berat badan dengan mudahnya bertambah dan memicu perasaan putus asa.

Merasa ada yang salah dengan program slimming nya, Molly pun mencoba strategi lain. Kali ini dia mendatangkan personal trainer ke rumah agar bisa disiplin berolahraga. Hasilnya? Sejak memulai program di 5 November 2018 dengan bobot 138 kilogram, pada 25 Juni 2019 berat Molly susut menjadi 104 kg. Wow! Yuk simak obrolan Ruma Manis dan Molly berikut ini.

1. Kapan tepatnya kamu merasa harus mulai berolahraga dan mengatur pola makan seperti sekarang? Apa ada kejadian yang memotivasi?

Start mulai program 5 November 2018, setelah 1 bulan pulang dari pameran di Sydney. Saat itu kondisi tubuh sakit semua, sendi terasa nyeri semua, cedera pada lutut saat pameran juga enggak kunjung sembuh malah makin sakit. Nafas juga sudah tersengal-sengal.

2. Apa kira-kira yang jadi tantangan untuk ditaklukkan?

Diri sendiri pastinya yang paling susah dikalahkan. Males olahraga, males belajar diet, males gerak, enggak mau nahan nafsu makan.

3. Banyak orang yang bilang, diet itu menyiksa. Tapi kamu tampak enjoy, apa rahasianya?

Tersiksa itu kalau ingin cepat-cepat turun BBnya. Tersiksa itu kalau enggak tahu caranya, terlalu banyak pantangan. Intinya banyak cari informasi seputar diet, lalu tetap happy saat melakukannya.

4. Apa yang berbeda dari pola makan dulu dan saat ini?

Sekarang semuanya teratur, terkontrol, dan terukur sesuai berat badan setiap harinya dan sesuai aktivitas sehari hari. Sumber makanan saat ini padat gizi dan nutrisi, makro nutrisinya terpenuhi. Sebelumnya hanya makanan yang bikin kenyang tapi enggak ada nutrisinya.

5. Berapa kali olahraga dalam seminggu dan latihan apa yang cukup berpengaruh pada penurunan berat badan?

Minimal 3x tapi seringnya 5x. Paling sering hiit training / anaerobic training.. Karena pembakaran kalorinya masih berjalan bisa sampe 13 jam sesudah olahraga bahkan bisa 24 jam tergantung intensitasnya.

6. Berapa BB yang ditarget?

60 kg!

4. Inspirasi Sehat dari Molly 2

 

7. Bagaimana menyikapi keinginan ngemil atau makan-makanan favorit yang tiba-tiba datang?

Ya nyemil aja enggak usah dihindari. Ambil sepotong kecil lalu masukin ke apps penghitung kalori. Ketika tahu bahwa camilan tadi dahsyat kalorinya dan miskin nutrisi, biasanya aku langsung mendadak ilfil sama makanan itu. Jadinya menolak sendiri tanpa ditahan-tahan.

8. Apakah dengan menjadikan Instagram sebagai jurnal, membuat mb Molly lebih termotivasi?

Banget, tiap lagi bingung suka baca-baca postingan Instagram sendiri lalu ketemu solusinya. Kalo lagi down pun, baca lagi supaya jadi semangat lagi.

9. Apa reward yang setiap kali diberikan ke diri sendiri kalau berhasil mencapai target?

Reward ku selalu dengan naik tangga hehehe.. Sekarang melihat tangga itu jadi semacam alat ukur kesehatan tubuhku. Semakin kesini harus semakin kuat naik tangga beberapa lantai, dengan kecepatan meningkat dan nafas tidak tersengal sengal. Kenapa kok tangga jadi hadiah terbaik kalau bisa naik tangga dengan santai tanpa kehabisan nafas? Karena dietku pingin sehat bukan sekedar langsing tapi sehat dan strong itu fokus utamaku.

10. Dengan BB yang baru dan gaya hidup lebih sehat, apa efek yang lebih terasa pada kesehatan? Apakah jadi jarang sakit?

Jarang sekali sakit, biasanya sakit perut atau sakit tenggorokan dikarenakan makanan yang tidak baik alias tinggi transfat dan rendah nutrisi. Tubuh sudah semakin sensitif dengan makanan yang kurang sehat. Sekarang sudah tidak mudah lelah, tidak mudah ngantuk, kaki tidak bengkak kalau duduk lama, tidak kesemutan lagi, lutut tidak nyeri kalau buat jalan, sudah bisa salat berdiri, intinya sudah makin mandiri dan tidak merepotkan banyak orang.

11. Apa saran kamu untuk teman yang ingin memulai program penurunan berat badan?

Benerin niat dan kuatkan niat dari awal. Dan sabarrr… Misalnya, belum mulai sudah mikir kira-kira bisa turun berapa kilo dalam 2 minggu ke depan? Wah itu belum mulai saja sudah gagal kalo menurut saya hehehe.. Karena begitu dalam 2 minggu ke depan ternyata timbangan stuck maka langsung dengan mudahnya bilang programnya gagal, lalu berhenti. Sedangkan saya 1 bulan di awal tidak turun sama sekali, karena tubuh butuh waktu adaptasi, mental juga perlu dilatih. Sebenarnya manfaat luarbiasa dari program penurunan berat badan yang jarang orang sadari adalah melatih mental kita supaya menjadi pribadi yang lebih kuat dan sabar. Dan kontrol diri yang jauh lebih baik.

Share this
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Start typing to see products you are looking for.
Home
Shop